Viral OSIS Sita Sunscreen Pelajar, Dermatologi Spill Pentingnya Sunscreen untuk Kulit
Sumber: viva.co.id

News / 24 January 2024

Kalangan Sendiri

Viral OSIS Sita Sunscreen Pelajar, Dermatologi Spill Pentingnya Sunscreen untuk Kulit

Claudia Jessica Official Writer
948

Beberapa hari lalu beredar video yang merekam anggota pengurus OSIS(Organisasi Siswa Intra Sekolah)  di sebuah SMA Kalimantan Tengah menyita berbagai produk skincare murid-muridnya. Mulai dari make up, facial wash, hingga sunscreen.

Dalam menanggapi peristiwa ini, dr. Ruri D. Pamela, seorang ahli dermatologi, menegaskan bahwa penggunaan sunscreen sebenarnya sangat penting untuk menjaga kesehatan kulit, terutama di Indonesia yang berada di iklim tropis. Pasalnya, sinar UV cukup tinggi sepanjang tahun di negara kita.

“Sunscreen melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, termasuk penuaan dini, hiperpigmentasi, dan risiko kanker kulit,” ungkap dr. Ruri seperti yang dikutip dari detikcom pada Rabu (24/1/2023).

Dia menambahkan, “Sinar UVA dan UVB dapat menembus awan bahkan pada hari mendung, sehingga penggunaan sunscreen setiap hari adalah langkah pencegahan kesehatan kulit yang penting.”

 

BACA JUGA: Sunscreen Mencegah Tubuh Menyerap Vitamin D? Hempaskan Semua Mitos Soal Sunscreen Sekarang

 

Penting untuk dicatat bahwa penggunaan sunscreen bukan hanya khusus untuk orang dewasa, tetapi menjadi kebutuhan dasar untuk semua kelompok usia, termasuk anak-anak.

Ketika menggunakan sunscreen, dr. Ruri menyarankan agar diperhatikan jumlah yang digunakan, sekitar 2 mg per sentimeter persegi kulit atau setara dengan dua ruas jari untuk seluruh wajah dan leher.

“Namun ini bisa bervariasi tergantung pada ukuran wajah dan leher individu. Penting untuk memastikan bahwa sunscreen diaplikasikan secara merata dan cukup tebal untuk mencapai tingkat perlindungan yang tertera pada produk,” tambahnya.

Apa yang Terjadi Jika Sering Melewatkan Penggunaan Sunscreen?

dr. Ruri memperingatkan bahwa kerusakan pada kulit yang disebabkan oleh kurangnya penggunaan sunscreen tidak hanya berdampak pada tampilan fisik, tetapi juga dapat meningkatkan risiko kanker kulit yang fatal.

“Melewatkan penggunaan sunscreen, terutama secara teratur, dapat meningkatkan risiko kerusakan kulit akibat sinar UV. Ini termasuk risiko penuaan dini, seperti kerutan dan bintik-bintik penuaan, peningkatan risiko hiperpigmentasi misalnya melasma atau bintik hitam,” jelasnya.

 

BACA JUGA: Sepenting Apa Sih Penggunaan Sunscreen untuk Kesehatan Kulit?

 

“Dan risiko yang lebih serius seperti kanker kulit. Perlindungan yang konsisten terhadap sinar UV merupakan salah satu langkah paling efektif dalam menjaga kesehatan dan penampilan kulit jangka panjang,” tandasnya

Jadi, alih-alih membatasi akses terhadap sunscreen, edukasi tentang pentingnya perawatan kulit dan kesehatan matahari seharusnya lebih diutamakan.

Sumber : jawaban.com
Halaman :
1

Ikuti Kami